SoMM SPS Goes to Kuala Lumpur

[IMG:somm-1-19-20-juli-2017.jpeg]

Media Cetak masih menjadi primadona dimata pengiklan dan pembaca. Mau bukti? Mari sejenak kita menoleh sejenak ke negeri jiran, Malaysia. Menurut Malaysian Advertisers Association, belanja iklan di suratkabar harian Malaysia hingga akhir 2016 masih menunjukkan performa fantastik dibanding televisi. Yakni 53,4% berbanding 38,7%. Pengiklan di Malaysia sangat yakin bahwa beriklan di media cetak masih sangat efektif. Meskipun beriklan di televisi tidak bisa diabaikan.

Cobalah bandingkan dengan posisi di negeri kita sendiri. Lima tahun terakhir ini, pangsa pasar iklan di televisi kita selalu bertengger di kisaran 65%, jauh di atas kue iklan media cetak yang sulit bergerak lebih dari 30%. Tentu ada banyak faktor yang membuat belanja iklan media cetak di Indonesia sulit bergerak mendekati televisi.

Namun, mengapa di Malaysia justru sebaliknya. Media cetak begitu digdaya. Mengalahkan pangsa pasar iklan televisi. Apa rahasia yang dimiliki para penerbit media cetak di Malaysia sehingga mampu meyakinkan pengiklan agar terus beriklan lebih besar? Apa pula faktor yang mendorong pengiklan di Malaysia masih menempatkan media cetak sebagai medium beriklan utama? Bagaimana pula penerbit media cetak di Malaysia mengedukasi pasar pembaca lokal?

Sungguh menarik belajar dan mengetahui kisah-kisah sukses para penerbit di Malaysia dalam menggarap pasar iklan dan pembaca mereka. Sekaligus mengetahui langsung alasan para pengiklan di Malaysia masih menempatkan media cetak di papan teratas dalam belanja iklan dan kekuatan penerbit media cetak Malaysia untuk meyakinkan para pengiklan.

Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat melalui School of Media Management (SoMM), akan menyelenggarakan Workshop SoMM Batch #17 SoMM Goes to Kuala Lumpur: The Power of Print Media, Lesson Learn from Malaysian Publishers & Advertisers yang akan dilaksanakan pada tanggal Rabu - Kamis, 19 - 20 Juli 2017 di Kuala Lumpur. 

Berminat mengikuti workshop ini? Silakan buka dan unduh formulir pendaftarannya di www.spsindonesia.org atau http://id.somm.spsindonesia.org/. Untuk informasi lebih lanjut mengenai SoMM Batch 15, silakan menghubungi Sekretariat SPS Pusat di nomor 021-3459671 dan 021-3811228 dengan Sdr. Dwi Hartomo ( 0857 117 34 966 ) dan Sdri. Agusnia Ayu ( 0812 10155 281 ). ***