SPS Kembali Gelar Anugerah Sampul Media Cetak 2017

[IMG:ipma-iyra-inma-isprima-2017-header.jpeg]

Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat kembali menggelar The 8th Indonesia Print Media Awards (IPMA) The 6th Indonesia inhouse Magazine Awards (InMA), The 6th Indonesia Students Print Media Awards (ISPRIMA), dan The 4th Indonesia Young Readers Awards (IYRA).

Ajang penghargaan IPMA, InMA, IYRA dan ISPRIMA akan  merangsang lahirnya karya-karya sampul kreatif dan relevan. Sehingga mampu mencuri perhatian khalayak untuk membeli dan membaca media cetak. Di tengah perubahan tren pola konsumsi media di Indonesia, media cetak dituntut lebih kreatif mengemas konten, salah satunya melalui tampilan cover yang menarik.

Pendaftaran entri program penghargaan sampul media cetak tersebut serentak telah dibuka mulai tanggal 1 Oktober 2016 dan ditutup pada 9 Januari 2017.

Mengusung tema besar “Inovasi yang Menginspirasi”, pagelaran IPMA 2017 yang akan dibarengi dengan penyelenggaraan InMA, IYRA, dan ISPRIMA, mengisyaratkan sebuah pesan mendalam, bahwa meski industri media cetak sedang berada dalam kondisi kurang bagus, namun kepercayaan publik terhadap media terutama cetak harus terus dijaga dan ditingkatkan. Standarisasi perusahaan pers cetak menjadi ukuran kepercayaan publik dan pasar ke depan terhadap sebuah perusahaan pers. Melalui standarisasi ini momentum kebangkitan industri media cetak pada tahun 2017 diharapkan dapat terwujud, termasuk peningkatan kualitas karya-karya sampul muka media cetak di seluruh Indonesia.

Penganugerahan penghargaan bagi para pemenang rencananya akan digelar di Ibukota Jakarta, di tahun 2017 ini akan menjadi destinasi penyerahan Awards paling bergengsi bagi Industri Media Cetak nasional ini, sekaligus pencapaian paripurna bagi korporasi dan lembaga negara di bidang publikasi internal.

Pemilihan Kota Jakarta  karena sejak pertama kali malam penghargaan ini di gelar pada tahun 2010, tepatnya sejak  2011 hingga 2016 Jakarta tidak lagi menjadi tuan rumah malam penghargaan. Moment spesial ini juga dalam rangka memeriahkan dan  menyambut Hari Pers Nasional 2017 yang puncaknya akan berlangsung di Ambon pada tanggal 8 – 9 Februari 2017.

"Para pemenang IPMA, InMA, IYRA, dan ISPRIMA 2017 akan diundang untuk mengikuti awarding night dan menerima trophy,” kata Asmono Wikan, Direktur Eksekutif SPS Pusat.

Seluruh entri yang masuk pada IPMA, InMA, IYRA, dan ISPRIMA 2017 akan dinilai oleh sebuah panel juri yang berlatar belakang praktisi (ahli) di bidang desain grafis dan branding, foto jurnalisme, marketing, periklanan, dan komunikasi massa atau jurnalisme.

Kriteria penilaian Aspek Desain Grafis 25%, Aspek Ide/gagasan kreatif 25%, Aspek Branding 15%, Aspek Foto Jurnarlisme 20%, Aspek Komunikasi 15%. Untuk menghindari bias dan konflik kepentingan serta menjaga independensi dan kredibilitas penjurian, sejak IPMA 2010 panitia tidak mengundang tokoh praktisi media cetak sebagai anggota dewan juri.

Berminat mengikuti kegiatan tersebut? Silakan menghubungi SPS Pusat di nomor 021 - 3459671 dan 3811228 INMA dengan Sdri. Agusnia Ayu (0812 1015 5281) IPMA dengan Sdri. Dea Mustarina (0813 8392 1252), IYRA dengan Sdr. Hisyam Zaini (0812 8687 8752), dan ISPRIMA dengan Sdr. Dwi Hartomo (0857 1173 4966). Formulir pendaftaran, syarat dan ketentuan dapat diakses dan diunduh pada kolom download di www.spsindonesia.org. SEGERA DAFTAR JANGAN SAMPAI KETINGGALAN. ***

IPMA 2017

IPMA merupakan forum tahunan kompetisi sampul muka (cover) media cetak nasional (majalah, tabloid, dan suratkabar harian) sejak 2010. Tahun 2017 IPMA tetap akan membuat empat kategori utama yang terdiri dari:

Kategori Suratkabar

1. Kategori suratkabar harian regional Sumatera.

2. Kategori suratkabar harian regional Jawa.

3. Kategori suratkabar harian regional Bali dan Nusra.

4. Kategori suratkabar harian regional Kalimantan.

5. Kategori suratkabar harian regional Sulawesi.

6. Kategori suratkabar harian regional Maluku dan Papua.

7. Kategori suratkabar harian Nasional.

II. Kategori Tabloid

1. Tabloid Wanita.

2. Tabloid Kuliner.

3. Tabloid Berita, Ekonomi, dan Bisnis.

4. Tabloid Olah Raga & Kesehatan.

5. Tabloid Minat Khusus.

III. Kategori Majalah Lokal

1. Majalah Minat Khusus.

2. Majalah Berita, Ekonomi, dan Bisnis.

3. Majalah Pria dan Gaya Hidup.

4. Majalah Sains dan Teknologi.

5. Majalah Wanita.

6. Majalah Remaja.

7. Majalah Anak-Anak

IV. Kategori Majalah Lisensi

1. Majalah Pria dan gaya Hidup.

2. Majalah Wanita.

3. Majalah Berita dan Bisnis

4. Majalah Sains & Teknologi.

5. Majalah Olah Raga & Kesehatan.

6. Majalah Anak-Anak.

7. Majalah Minat Khusus.


InMA 2017

Indonesia inhouse Magazine Awards (InMA) diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja pengelola inhouse magazine yang telah mencurahkan gagasan dan kreativitasnya untuk merancang penerbitan inhouse di lembaga dan korporasi masing-masing. InMA juga ditujukan untuk merangsang peningkatan kualitas kreatif penerbitan inhouse di seluruh Indonesia, agar mampu mencapai level maksimal untuk kepentingan organisasi/korporasi yang menerbitkannya.

Pada penyelenggaraan InMA 2017, panitia akan membuka enam (6) kategori utama dan satu kategori khusus penghargaan yang terdiri dari:

  1. Kategori Lembaga Pemerintah Pusat.
  2. Kategori Pemerintah Kota/Kabupaten/Propinsi.
  3. Kategori BUMN dan BUMD.
  4. Kategori Perusahaan Swasta Nasional.
  5. Kategori Perusahaan Multinasional.
  6. Kategori Perguruan Tinggi.
  7. Kategori Khusus E-Magazine (versi digital dari edisi cetak).

Kategori Khusus E-Magazine menampung semua entri, tidak membedakan atau dibedakan ke dalam sub-sub kategori sebagaimana lazimnya untuk versi Cetak. Semua kategori hanya diperuntukkan bagi inhouse magazine yang berbentuk MAJALAH. 


IYRA dan ISPRIMA 2017

IYRA merupakan arena kompetisi tahunan desain Rubrik Anak Muda pada suratkabar harian sejak 2014. Sementara itu ISPRIMA sebagai ruang berkompetisi sampul muka majalah pers mahasiswa mulai hadir sejak 2012.